Selasa, 10 Januari 2012

Bagaimana Jika Internet di AS Diblokir


Menghadapi serangan demonstrasi yang besar-besaran, pemerintah Mesir sempat memblokir akses internet di negara mereka secara total. Namun bagaimana jika hal itu suatu saat terjadi di Amerika Serikat (AS)? Apa dampaknya?

Menurut International Business Times  Selasa (8/2/2011), para analis mengatakan tidak mungkin memotong koneksi internet di AS. Pasalnya, jaringan akar kabel fiber optik yang ada di Negeri Paman Sam dimiliki oleh beberapa perusahaan dari negara lain.


Sebagai informasi, di sisi timur AS terdapat titik poin bernama ‘The Metropolitan Exchange’. Nah, titik tersebut memiliki 19 carrier yang berbeda. Menutup koneksi di sana tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal, serta birokrasi yang rumit.

Selain itu, penutupan koneksi internet di AS bakal mengganggu segala bisnis online serta arus uang di Wall Street. Ingat saat tragedi 11 September dahulu, Wall Street sempat kacau setelah koneksi internet terputus karena pemutusan kabel fiber utama.

Bukan tak mungkin memang, namun sepertinya sulit bagi pemerintah AS untuk melakukan hal seperti yang diperbuat pemerintah Mesir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar